Shutter Count (Dulu dan Sekarang)

shutter count

Dulu waktu masih awal-awal memegang kamera aku tidak terlalu ambil pusing berapa banyak aku menekan tombol shutter hanya untuk satu kali kegiatan hunting, pada intinya dulu hajar aja terus lha wong namanya juga lagi belajar, apa lagi waktu itu ada slogan dari iklan di tipi “kalo gak ada noda ya gak belajar”, meskipun demikian aku juga gak hanya menggerojok shutter tanpa aku analisa baik di LCD maupun di kompter.
Aku selalu meluangkan waktu untuk mengoreksi hal-hal yang aku anggap perlu diperbaiki selain itu analisaku juga menyangkut dimana kekurangan dan kelebihan dari hasil jepretanku.

Lain dulu lain sekarang.
Setelah kamera kesayanganku (Eos 20D) mengalami masalah dengan shutter aku semakin lebih berhati-hati untuk menekan tombol shutter, kalo dulu jepret dulu baru analisa kl sekarang analisa dulu, tunggu moment, tunggu ekspresi, cari anggle yang enak baru eksekusi, kata temen-temen “one shoot, one kill” lah pokoknya ^_^.
oh iya sebelum kita motret alangkah baiknya bila kita sudah memiliki konsep n visualisasi didalam otak kita.

Sekedar referensi saja umur dari shutter unit atau shutter count oleh pihak pabrikan diperkirakan 100.000 unit.
angka tersebut bukanlah angka pasti bisa kurang bisa juga lebih, tergantung faktor keberuntungan anda ^_^

Barusan dapat kabar dari pihak servisan (data scrip) setelah beberapa minggu ngamar perihal kamera canon EOS 20D kesayanganku harus segera dioperasi dan harus diganti beberapa partnya yaitu shuter unit dan estimasi biayanya adalah Rp 1.600.000,00
tp demi kamera kesayangan aku Acc saja ( biar cepat sembuh, dan cari duit lg ^_^ )

Dari sini aku ambil itung itungan
kita estimasikan umur shuter adalah 100.000 jepretan
maka harga per jepretan adalah Rp1.600.000 : 100.000 = Rp 16
jika kita sekali hunting menekan 100 kali shuter maka
sekali hunting kita harus menyisihkan paling tidak Rp 1.600 untuk sekali hunting ^_^
(ahahahaha itungan gak jelas ^_^)

Dari kesemuanya itu kita harus benar-benar menghargai setiap kali kita menekan tombol shutter button.

Demikian ceritaku tentang shutter count, bagaimana dengan anda ^_^

Image : http://www.kamera-gue.web.id

Leave a Reply

